Sabtu, 26 Oktober 2013

HAK UNTUK MALAS (Halaman 37)



itu menjamu diri mereka di antara dua peperangan dan dua kehancuran, dimana segala sesuatu " berlangsung dalam jumlah besar." Jordaens dan Flemish School telah mengisahkan cerita tentang pesta-pesta ini dengan gambarannya yang sangat menyenangkan. Dimana, Oh, dimanakah perut-perut besar yang agung di hari-hari itu; dimanakah otak-otak agung yang melingkari semua pikiran manusia? Kita Sesungguhnya telah menjadi kerdil dan lemah. Daging sapi dan kentang awetan, anggur palsu dan schnapps[20] Prusia, yang dengan bijak dipadukan dengan kerja wajib, telah melemahkan tubuh kita. Dan saat-saat ketika manusia mengekang perutnya, dan mesin memperbesar hasil kerjanya, persis adalah saat ketika

__________________
mengusir bangsa Moor dari Calatrava lama, dan romancero (sastra rakyat Spanyol yang berbentuk puisi balada) mengisahkan cerita ini:

                les bodas fueron en Burgos
                Las tornabodas en Salas:
                En bodas y tornabodas
                Pasaron slete semanas
                Tantas vienen  de las gentes
                Que no caben por las plazas

(Pernikahan ini berlangsung di Bourges, pestanya di Salas. Acara pernikahan dan pesta ini menghabiskan waktu tujuh minggu. Begitu banyak orang datang sehingga kota itu tidak bisa menampungnya ...)
Para lelaki dalam acara pernikahan selama tujuh minggu ini adalah serdadu-serdadu heroik di masa prang-perang kemerdekaan.

[20] Sejenis minuman keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar