Sabtu, 28 September 2013

HAK UNTUK MALAS (Halaman 34)



dengan tenang biarlah ayam jantan sia-sia berusaha mengingatkanmu bahwa fajar telah merekah. Demeter[17] telah membebankan kerja budak kepada para peri, dan lihatlah mereka melompat-lompat dengan riang di atas roda, lihatlah poros roda itu bergerak, berputar dengan ruji-rujinya dan membuat batu yang berat itu berputar menggelinding. Mari kita menjalani hidup seperti yang dijalani nenek moyang kita, dan mari kita bergembira dalam kebersantaian dengan pemberian yang telah dianugerahkan dewa kepada kita."

Duh! Waktu luang yang dinyatakan oleh penyair pagan itu belum juga datang. Hasrat akan kerja yang buta, keras kepala dan bisa membunuh itu telah mentransformasikan mesin pembebas ini menjadi alat untuk memperbudak manusia bebas. Daya produktifnya justru memiskinkan mereka.

Seorang pekerja perempuan yang bagus dengan jarum-jarumnya hanya mampu membuat lima lubang jala dalam waktu satu menit, sedangkan mesin rajut khusus yang berbentuk bundar bisa menghasilkan 30.000 lubang jala dalam waktu yang sama. Jadi,


_________
[17] Dalam agama Yunani, Demeter adalah putri dari pasangan dewa Cronus dan Rhea, merupakan adik dan istri Zeus (raja para dewa), dan dewi kesuburan. Namanya bisa berarti "ibu kesuburan" atau "ibu pertiwi". (Sumber: Encyclopaedia Britannica Deluxe Edition 2004)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar